Japan

Japan
Posted by : Unknown Jumat, 07 Februari 2014



Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak.  Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi. Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji 鮓 merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi atau ampas sake . Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama).

Jenis-jenis sushi:


1. Nigiri sushi
Jika dilihat dari arti namanya, nigiri berarti mengepalkan tangan. Sushi jenis ini dibuat dengan cara mengepalkan bahan dengan tangan. Bentuknya bulat mengikuti kepalan tangan dan ukurannya pun biasanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Sushi jenis berasal dari periode Edo pada tahun 1800an.
2. Maki Sushi
Artinya adalah dililit atau digulung. Sushi jenis ini mempunyai ciri khas yaitu adanya nori atau rumput laut yang sudah berbentuk lembaran dan digunakan sebagai pembungkus sushi ini. Untuk membuat jenis ini anda harus menyiapkan sebuah gulungan seperti tikar bambu kecil untuk membentuknya.
3. Chirashi Sushi
Sushi jenis ini disajikan di atas piring atau mangkuk. Nasi yang sudah dibumbui kemudian ditaburi dengan berbagai macam lauk seperti makanan laut mentah ataupun matang dan juga telur dadar.
4. Oshi Sushi
Sushi berbentuk kotak ini memang dibuat dengan menggunakan cetakan khusus. Setelah selesai dibentuk, sushi ini dipotong-potong menjadi ukuran sekali suap. Sushi ini merupakan makanan khas dari daerah Kansai.
5. Nare Sushi
Kalau jenis yang satu ini adalah sushi yang difermentasikan. Bukan hanya lauknya yang fermentasi, tetapi juga nasinya ikut difermentasi.
6. Inari Sushi
Kalau Maki Sushi dibungkus dengan nori, sushi yang satu ini menggunakan kulit tahu sebagai pembungkusnya. Sebelum diisi nasi, kulit tahu ini diproses terlebih dahulu sehingga rasa dari sushi ini agak manis.
 
Teknik mengepal nasi
Ada beberapa teknik mengepal nasi yang merupakan seni keterampilan yang harus dikuasai ahli sushi :
  • Tegaeshi:
    • Hon tegaeshi
    • Ko tegaeshi
    • Tate gaeshi
    • Yoko tegaeshi
  • Oyayubi nigiri
Berdasarkan kekuatan tangan sewaktu mengepal, bentuk nasi bisa berupa bentuk silinder (tawaragata), kotak persegi empat (hakogata), dan kapal (funegata).
Di restoran kaitenzushi, nasi yang sudah dibumbui dibentuk secara otomatis menggunakan mesin sushi, bahkan ada nasi bentukan mesin yang sudah diberi wasabi atau diikat dengan nori. Mesin pembuat sushi ada juga yang terlihat seperti tempat nasi tradisional dari kayu agar penikmat sushi mendapat kesan seolah-olah makan sushi yang dikepal oleh ahli sushi sungguhan.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

WELCOME

Jam

Followers

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 All About Japan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -